Pemanfaatan Platform sebagai penunjang pembelajaran bagi mahasiswa di masa pandemi covid-19

 Oleh :
Ibnu Abror


Seperti yang kita alami sekarang yaitu wabah Coronavirus Disease 2019 atau yang sering disebut COVID-19 menjadi ancaman paling populer dan berbahaya untuk kesehatan yang bukan hanya membahayakan bagi warga yang ada di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia, Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) juga menjadi ancaman bagi seluruh lapisan masyarakat dan juga tidak memandang usia maupun status social, terlebih virus COVID-19 akan sangat mematikan ketika menyerang orang tua yang telah mempunyai penyakit bawaan. Di Indonesia masyarakat yang telah dinyatakan terinveksi virus COVID-19 sangat banyak bahkan mencapai angka juataan, dan masih terus meningkat di beberapa tempat. Oleh karena itu pemerintah menerapkan peraturan- peraturan wajib bagi seluruh masyarakat Indonesia seperti Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi atau biasa kita kenal dengan 5M. dan bukan hanya itu pemerintah juga membuat kebijakan darurat COVID-19 yaitu Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau (PPKM) dan juga lockdown hampir diseluruh kota-kota di indonesia sehingga masyarakat tidak bisa keluar kota terkecuali telah melakukan vaksinasi dan bisa menunjukkan surat vaksin tersebut. Maka selama pandemic covid-19 ini masyarakat dianjurkan untuk belajar maupun bekerja di rumah atau biasa kita kenal dengan sebutan WFH (Work From Home).


Sebagai seorang mahasiswa terutama mahasiswa teknik banyak sekali kegiatan yang harus dilakukan diluar ruangan atau dilapangan, sehingga pandemic covid 19 ini menjadi salah satu penyebab terhambatnya proses belajar maupun pengembangan skill atau kemampuan mahasiswa, dan juga menjadi penghambat bagi mahasiswa untuk bisa bersosialisasi dengan mahasiswa lain, dosen, maupun dengan masyarakat luar. Maka untuk untuk menjaga agar covid 19 tidak menyebar luas pemerintah menerapkan pembelajaran di rumah masing – masing atau online dan biasa kita sebut pembelajaran Daring (Dalam Jaringan). Pembelajaran Daring ini secara tidak langsung mempengaruhi psikologis mahasiswa karena perubahan sistem pembelajaran yang

tadinya tatap muka menjadi sistem daring. Ketidak siapannya diri ini memaksa kita sebagai mahasiswa untuk mau tidak mau mengikutinya. Hal ini juga mengharuskan mahasiswa untuk bisa beradaptasi menghadapi kebiasaan baru yang mungkin dapat menimbulkan stress dan juga Minimnya aktivitas yang dilakukan dirumah. Jika selama ini mahasiswa terbiasa bersosialisasi atau bercengkrama dengan teman di area kampus, namun saat pandemi mereka diharuskan untuk tinggal di rumah sehingga kebiasaan itu menjadi terbatasi. Akhirnya mahasiswa kebingungan mencari kegiatan yang bisa dilakukan di rumah.


Dalam masa pembelajaran Daring ini Teknologi menjadi satu satunya penunjang pembelajaran bagi mahasiswa saat pandemic. Banyak sekali teknologi media pembelajaran yang berbentuk platform yang digunakan disetiap instansi pendidikan, pada tingkat sekolah maupun di perguruan tinggi untuk mengefektifkan proses pembelajaran yang dilakukan. Platform Seperti Google Classroom, E-learning, YouTube, Zoom, Google meet dan platform lainnya yang mampu menjadi penunjang fasilitas belajar dan pengembangan diri dari rumah atau Daring. Dengan banyaknya platform pembelajaran yang tersedia, setiap pendidik pasti menggunakan platform yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dari setiap peserta didiknya itu sendiri. Seperti halnya pembelajaran yang menggunakan Google Classroom yang digunakan diberbagai kalangan karena memang google classroom itu sangat mudah digunakan dibanding platform lain dan mampu diterima disetiap kalangan baik siswa, mahasiswa, guru maupun dosen. Dan terdapat juga platform seperti Youtube untuk memudahkan kita mencari informasi yang mudah diterima, belajar hal baru maupun mencari referensi untuk mendukung kemampuan ataupun skill yang kita miliki atau kita suka. Terdapat juga aplikasi Zoom yang merupakan aplikasi komunikasi dengan menggunakan video sehingga pada saat digunakan untuk proses pembelajaran maka kita akan merasa bahwa kita sedang tatap muka secara langsung karena kita mampu melihat orang yang jauh dengan menyalakan Kamera yang kita miliki didalam menggunakan platform zoom ini.

Walaupun dengan segala kekurangan yang ada saat Daring, seperti jaringam yamg sering lelet maupun kendala lainnya, tatapi dibalik itu terdapat juga kelebihan - kelebihan yang bisa kita rasakan saat daring yaitu, seperti kita lebih dekat dan mengenal teknologi, lebih banyak pengetahuan baru mengenai platform yang sangat bermanfaat yang mungkin belum pernah kita kenal sebalumnya dan juga kita bisa mempunyai lebih banyak waktu untuk bertemu dan bercengkrama dengan keluarga di rumah.


Daftar Pustaka



Aprilia Dewi Astuti, D. P. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Belajar Dengan Sistem Daring Ditengah Pandemi Covid-19. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Argubi, A. H. 2020. Transformasi Pendidikan Di Tengah Pandemi Covid-19 dan Revolusi Industri 4.0. (Online). Diakses pada tanggal 29 Oktober 2020 melalui https://kahaba.net/opini/76985 /transformasi-pendidikan-ditengah-pandemi-Covid-19- dan- revolusi-industri-4-0.html,

Astini, N. K. (2020). Tantangan dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241-255.

Hanum, N. S. (2013). Keefektifan Elearning Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Vokasi, 92.

Hasanah, dkk. 2020. Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan, 1(1). Islabiah, F. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19). Jakarta: Kementrian Kesehatan.

Islami, W. N. (2020). Konsep Perkuliahan Daring Google Classroom dalam Meningkatkan Interaksi Akademik di Tengah Pandemi Korona. Fikroh: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 112. Munir. (2009). Pembelajaran Jarak jauh berbasis teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Oktafia Ika Handarini & Siti Sri Wulandari. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3). Roida Pakpahan, Y. F. (2020). Analisa pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Covid19. Journal Of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 32- 33.

Yaumi, Muhammad. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Share on Google Plus

About IMM KOMISARIAT ENGINEERING

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Pilihan Editor

loading...

Popular Posts